Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » , » Menghilangkan karakter Spasi di Excel / Open Office Calc

Menghilangkan karakter Spasi di Excel / Open Office Calc

Spasi di excel / open office calc kadang-kadang menjadi menyebalkan dan sangat menggangu, kebanyakan data seperti ini diperoleh dari hasil konversi html sebuah system, misalkan system inventory atau database lainnya. Contoh kasusnya adalah apabila spasi itu terdapat pada kolom yang seharusnya bernilai angka, semua formula bisa jadi menjadi tidak berfungsi dan proses filter / pencarian menjadi rumit. Ada beberapa trik untuk menghilangkan spasi di Excel.
  1. Menggunakan TRIM, formula ini berfungsi menghilangkan kelebihan spasi pada sebuah karakter dalam suatu cell. Contoh penggunaanya : =TRIM(A2) 
  2. Menggunakan SUBSTITUTE, formula ini berfungsi mengganti beberapa atau seluruh karakter dalam suatu cell. Contoh penggunaannya : =SUBSTITUTE(A2, " ", "") 
  3. Menggunakan fitur pencarian (Find and Replace). Pada Find What isikan dengan spasi (tekan tombol spasi "  ") terus pada Replace With dikosongkan saja kemudian tekan Replace.
Beberapa waktu lalu menemukan kasus yang tidak dapat diselesaikan dengan tiga trik di atas. Kasusnya adalah didepan dan dibelakang karakter (angka / text) mengandung spasi dan parahnya yang harus di replace ada ratusan kolom, kalau menggunakan cara manual mungkin bisa seharian baru selesai. Setelah mencoba modifikasi beberapa fungsi yang ada di excel / open office cal akhirnya menemukan cara sebagai berikut.

Kita gunakan penggabungan 2 buah fungsi yaitu MID untuk mengambil sebagian atau seluruh karakter dalam suatu cell dan LEN untuk menghitung jumlah karakter dalam suatu cell. Pertama ambil satu sampel cell dan hitung berapa jumlah spasi yang ada didepan dan dibelakang karakter (angka / text).

Bila menggunakan excel pergunakan formula berikut : =MID(A2,1, LEN(A2)-1).
Bila menggunakan open office cal pergunakan formula berikut : =MID(A2,1, LEN(A2)).

Cukup mudah bukan ?. Bila anda menemukan trik lain atau artikel yang bermanfaat, mari Kita saling berbagi.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Menghilangkan karakter Spasi di Excel / Open Office Calc, diterbitkan oleh Unknown pada hari 02 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, saran, kritik dan masukan tentang Artikel di Blog ini, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar, secepatnya Admin Kami akan menanggapi. Tolong berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, sopan dan jelas. Komentar, pesan yang berulang akan dianggap Spam, dan Kami akan menghapusnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.