Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » » Create Startup Disk "Win XP"

Create Startup Disk "Win XP"

Mungkin bagi Anda pengguna microsoft dengan Operating Sistem (OS) Windows 95 atau 98, bukan sesuatu yang baru untuk membuat Startup Disk jikalau terjadi kerusakan/problem terhadap OS, mungkin juga disaat peng-Installan ulang windows-nya. Startup pada windows 95 dan 98 hanya membutuhkan sistem DOS yang sama dengan windows-nya. Anda hanya membutuhkan satu floppy disk kemudian masuk ke menu [My Computer] pilih Tab [Create Starup Disk] kemudian tekan [Start], maka Starup Disk sudah bisa digunakan.


Lain halnya ketika pengguna windows 95 atau 98 bermigrasi menggunakan windows XP, maka fasilitas ini tidak diikutsertakan sehingga ketika windows XP mengalami problem maka mau tidak mau kita harus menggunakan CD Installasinya untuk melakukan pebaikan.

Sebetulnya kita masih bisa membuat Starup Disk pada windows XP, meskipun sedikit rumit tapi masih bisa di ikuti. Starup Disk ini bisa digunakan pada partisi yang menggunakan OS NTFS (Win XP, Win 2000, Server 2003) atau FAT (Win 95, Win 98 dan Win XP). Berikut langkah-langkah dalam membuat Startup Disk :
  • Siapkan Floppy Disk kosong, lalu format terlebih dulu dengan command prompt (ms-DOS console pada Win XP), ketik format a: lalu tekan ENTER.

  • Copy file Ntldr dan Ntdetect.com, yang terdapat di folder C: pada komputer anda , bila sulit menemukan gunakan fasilitas Search pada Win Explorer. Atau pada folder I386 pada CD instalasi Win Xp Anda.

  • Buat file boot.ini dengan editor Anda, seperti notepad atau wordpad, tuliskan perintah sebagai berikut :

[boot loader]
timeout=30
Default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\windows[operating system]multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\windows="windows xp"

Perintah diatas jika Windows XP diinstall pada folder \windows dan single-drive partition IDE. Jika Anda tidak menggunakan IDE drive tetapi SCSI drive, maka ganti multi(0) dengan scsi(0).
  • Pembuatan Startup Disk telah selesai dan siap digunakan.

  • Restart komputer Anda.

Semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat khususnya buat saya pribadi umumnya bagi siapa saja yang membutuhkan. Selamat mencoba.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Create Startup Disk "Win XP", diterbitkan oleh Unknown pada hari 15 Agustus 2007. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

1 komentar:

  1. starup disk dengan flash disk gimanaa...? samaa prosedurnyaa...

    BalasHapus