Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » , » Upgrade Gimp lawas menjadi Gimp 2.7

Upgrade Gimp lawas menjadi Gimp 2.7

Didalam Gimp 2.7 telah ditambahkan sebuah fitur baru yaitu Windows Single Mode. Tidak seperti versi sebelumnya jendela Tools dan jendela utama terpisah, dalam versi 2.7 Kita bisa dengan mudah menggabungkan jendela Tools kedalam jendela utama menjadi satu paket layaknya Aplikasi-aplikasi buatan Microsoft yang kentara dengan tampilan yang halus dan elegant, hanya tinggal mengaktifkan Option Windows Single Mode di Menu Windows saja. Kini dengan fitur tambahan tersebut Gimp sepertinya cukup berhasil memperbaiki tampilan, yang di versi-versi sebelumnya bisa dibilang "berantakan", meskipun tidak terlalu menonjol tapi cukup membuatnya sedikit lebih simpel.

Selain dari tambahan fitur Windows Single Mode, Gimp versi 2.7 ini pun menambahkan dan memperbaiki beberapa vitur andalan, bahkan ada beberapa fitur di Photoshop dengan apik tersedia di versi ini, untuk merasakan perbedaannya silahkan Anda coba sendiri dan bandingkan.


Apabila Anda sudah mempunyai Gimp versi lawa 2.6 dan seterusnya kebawah, Anda bisa dengan mudah meng-Upgrade ke versi terbaru ini melalui PPA, syaratnya Komputer yang Anda pergunakan harus terhubung dengan Internet. Berikut Saya jelaskan cara-caranya.

  • Klik Menu System di Ubuntu Lucid Anda
  • Klik Sub Menu Administration
  • Cari dan Klik Software Sources
  • Pada Tab Other Software, klik add dan tambahkan kode berikut :
ppa:matthaeus123/mrw-gimp-svn
  • Close jendela Software Sources sampai proses Update selesai, ikuti petunjuk yang ditampilkan
  • Buka kembali Menu System >> Administration
  • Kali ini pilih Synaptic Package Manager
  • Dikolom Pencarian "Rebuilding Search Index", ketikan kata kunci "Gimp"
  • Setelah muncul hasil pencarian, centang kotak sebelah kirim "Gimp", hasil pencarian paling atas.
  • Terakhir pilih Mark for Upgrade, Klik Apply.
Silahkan Anda jalankan Gimp versi baru tsb melalui Menu Application >> Graphics >> Gimp. Selamat bereksperimen dengan Photoshopnya Linux.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Upgrade Gimp lawas menjadi Gimp 2.7, diterbitkan oleh Unknown pada hari 22 Januari 2011. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

1 komentar:

  1. Neh Dia artikel yang Aku cari, makasih ya Bang, ternyata mudah juga caranya.

    BalasHapus