Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » » Convert halaman web ke pdf

Convert halaman web ke pdf

Hemm, lagi-lagi tentang pdf yaa, sepertinya semakin populer saja format file ini, khususnya bagi perkantoran, kuliahan dan para aktifis Web, hee maksudnya teman-teman yang sering browsing. Apakah teman-teman sudah pada tahu bagaimana mengubah file word ke pdf atau excel ke pdf ? sepertinya hampir dipastikan dengan mudah cukup beberapa kali klik langsung berubah soalnya fasilitas ini sudah ada / built in di Ms Word atau Ms Excel itu sendiri terutama untuk Versi baru, lalu bagaimana jika ingin mengubah sebuah halaman web ?

Jawabannya, bisa saja namun perlu sedikit ketekunan, pertama teman-teman bisa print screen halaman web tsb, kemudian di paste ke image editor semisal Paint, Gimp (yang populer di Linux), lalu file gambar tsb di copy dan paste kembali ke word atau excel, baru deh di convert ke format pdf, berapa lama yaa ? hemm tergantung seberapa familiar teman-teman terhadap software diatas.

Lalu bagaimana bagi seorang pemula yang awam dan tentunya tidak punya kesabaran lebih, hee bisa aja, apakah bisa mengubah tampilan halaman web menjadi file pdf ? jbutuh banget neh, soalnya disitu ada contoh soal ujian. Jawabannya tentu bisa, seperti yang Saya terangkan dulu tidak sulit menemukan jawaban apabila Kita akrab dengan Om Google.

Berikut Saya jelaskan cara-cara mengubah tampilan halaman web menjadi file pdf :
  • Pertama, biasanya teman-teman diminta untuk Download Software dari sebuah link ? benar kan. Kali ini saya ajak teman-teman masuk ke halaman web dimana disana sudah ada fasilitas untuk mengubah tampilan halaman web menjadi file pdf, silahkan klik dulu disini atau masuk ke alamat berikut expresspdf.com hasilnya sama saja.
  • Kedua, setelah dklik link tadi, maka teman-teman akan melihat halaman sederhana seperti gambar dibawah ini :

  •  Sebenarnya tanpa dijelaskan lebih jauh pun, saya yakin teman-teman bisa memahami tiap point pada web tsb, penggunaan bahasa yang sederhana, tampilan yang user friendly tidak begitu sulit untuk dipahami, namun bagi yang tidak punya waktu untuk mencoba-coba, saya jelaskan lebih lanjut.
  • Disana ada 4 tab Menu, convert web page to pdf, convert word to pdf, convert excel to pdf dan make a donation. Langsung saja klik tab convert web page to pdf, tampilan selanjutnya persis seperti gambar diatas.
  • Selanjutnya, masukan alamat web yang akan diubah menjadi pdf dikolom "Enter URL web page to convert to pdf", misalnya teman-teman sedang membuka FeNuto Blog di URL http://www.fenuto.blogspot.com dan sedang membaca sebuah artikel yang sangat menarik dengan URL http://www.fenuto.blogspot.com/apa itu pdf.html, maka yang dimasukan disana adalah yang URL http://www.fenuto.blogspot.com/apa itu pdf.html karena jika yang dimasukan http://www.fenuto.blogspot.com maka yang akan diubah adalah halaman depan web, bukan artikel yang sedang teman-teman baca. Bagaimana cara mengambil URL tsb, mudah saja pada saat membaca artikel yang dimaksud, teman-teman copy saja URL yang ada di Navigation Bar.
  • Setelah itu, masukan alamat Email teman-teman di kolom "Provide your email address", Email ini nantinya akan digunakan oleh Expresspdf untuk mengirimkan file yang sudah di convert berupa pdf.
  • Tentukan ukuran kertas, tampilan halaman dan kualitas hasil convert di option "select option" (perlu diingat disini bahwa semakin tinggi kualitas yang dikehendaki, maka semakin lama Expresspdf dalam proses convert).
  • Setelah semua form diisi dan penganturan ditentukan, langkah terakhir klik saja tombol convert to pdf, maka selanjutnya pekerjaan akan dilakukan oleh Expresspdf, Kita hanya menunggu Email balasan.
  • Selesai.
Pertanyaan berikutnya, berapa lama kita menunggu ? lagi-lagi tergantung koneksi internet kita saat melakukan upload dan akun email kita saat menerima Email masuk, satu lagi tergantung berapa fixel halaman web yang kita ubah, semakin besar semakin lama. Saya mecoba dengan tampilan gambar dan teks sekitar 10 Menit, silahkan masing-masing untuk dicoba.

Satu lagi, sepertinya yang telah dijelaskan diatas, bahwa selain convert tampilan halaman web menjadi file pdf, disni Kita juga bisa mengubah word ke pdf, klik saja  convert word to pdf, atau mengubah excel ke pdf, klik saja convert excel to pdf, pengaturan tidak jauh berbeda dengan mengubah tampilan halaman web menjadi file pdf. Lalu buat apakah tab menu make a donation, bagi teman-teman yang mempunyai banyak uang dan merasa berterimakasih atas file yang telah di convert, disilah tempatnya, hehee.

Apabila teman-teman ada cara lain yang lebih praktis, mari Kita berbagi disini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Kita semua.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Convert halaman web ke pdf, diterbitkan oleh Unknown pada hari 03 Desember 2009. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, saran, kritik dan masukan tentang Artikel di Blog ini, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar, secepatnya Admin Kami akan menanggapi. Tolong berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, sopan dan jelas. Komentar, pesan yang berulang akan dianggap Spam, dan Kami akan menghapusnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.