Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » » Perbedaan Blackberry Messenger dengan Yahoo Messenger

Perbedaan Blackberry Messenger dengan Yahoo Messenger

Beberapa waktu lalu Saya masih mendengar beberapa teman yang bertanya, apa sih perbedaan BlackBerry Messenger  (BBM) dengan  Yahoo Messenger (YM). Bukankah keduanya sama-sama merupakan aplikasi messenger ?. Lalu kenapa harus ada BlackBerry Messenger, kalau Yahoo Messenger saja sudah umum dan banyak dpakai ?.

Jawaban mendasar mungkin untuk mencukupi selera setiap orang yang berbeda-beda, mungkin juga gengsi dan strategi pasar menjadi alasan beberapa vendor ponsel memiliki aplikasi messenger tersendiri, salah satunya BBM tadi. Dengan harapan bahwa dengan adanya aplikasi tsb di produk mereka bisa mendongkrak penjualan. Walaupun sama-sama berfungsi sebagai aplikasi instant messaging (kirim-kiriman pesan instan, real time messaging),  nyatanya ada beberapa perbedaan sedikit diantara keduanya, yaitu :
  1. BlackBerry Messenger mempunyai kemampuan untuk mengetahui aktivitas mendengarkan lagu teman anda sesama pengguna BBM, sementara YM tidak mampu melakukan hal ini. Jadi anda bisa mendownload lagu-lagu baru favorit anda melalui fasilitas BBM.
  2. Field chatting BlackBerry lebih luas dibanding dengan Yahoo Messenger. Hal ini berpotensi 2 hal : Pengguna BlackBerry bisa lebih sering mengirimkan pesan-pesan berupa kata-kata bijak, kata motivasi, humor-humor segar atau informasi-informasi lain kepada rekan-rekannya. Namun di sisi lain, hal ini juga berpotensi menimbulkan aksi penyebaran informasi palsu dan sesat ataupun tindakan spamming karena kirim pesan via BlackBerry Messenger bisa banyak dan gratis.
  3. BBM menampilkan notifikasi apabila terjadi perubahan status anggotanya, sedangkan YM tidak. Cukup menarik melihat perubahan status teman-teman di BBM.
  4. Fasilitas Group di BBM memungkinkan anda untuk share item-item seperti gambar, task ataupun jadwal. Menjadikan group chatting anda lebih interaktif dan komunikatif.
Sekian beberapa perbedaan antara BlackBerry Messenger dengan Yahoo Messenger. Walau bagaimanapun tetap saja Yahoo Messenger menjadi aplikasi chatting yang umum dan banyak digunakan orang. Tapi kalau mau mencoba aplikasi Messenger baru yang punya fitur-fitur berbeda, bisa mencoba menggunakan BlackBerry Messenger. Tentunya anda harus mempunyai handset BlackBerrynya dulu, pilihan ada dimasing-masing individu !. Namun jangan khawatir, di Posting selanjutnya bagi yang belum mempunyai, saya akan memberikan Trik bagaimana bisa BBM-an di Ponsel Symbian, jadi jangan terburu-buru mengganti Ponsel lama anda, hee.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Perbedaan Blackberry Messenger dengan Yahoo Messenger, diterbitkan oleh Unknown pada hari 08 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, saran, kritik dan masukan tentang Artikel di Blog ini, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar, secepatnya Admin Kami akan menanggapi. Tolong berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, sopan dan jelas. Komentar, pesan yang berulang akan dianggap Spam, dan Kami akan menghapusnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.