Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » , » Mengubah Tampilan Ubuntu Seperti XP Dalam Satu Klik

Mengubah Tampilan Ubuntu Seperti XP Dalam Satu Klik

Operating System Open Source (OS2) Ubuntu sudah lama hadir bersaing dengan Operating System (OS) milik Microsoft yaitu Windows, dengan berbagai keunggulan dan kelamahan didalamnya berbagai OS2 ini sedikit dihindari calon pengguna dikarenakan tampilan antarmukanya kurang friendly dan juga kurang sedap dipandang mata termasuk ketika kita memilih Ubuntu, meskipun secara fungsi dan fitur-fitur didalamnya tidak kalah dengan OS milik Microsoft.

Dalam artikel kali ini, kita tidak akan membahas lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan kedua OS diatas, biarlah para pakar lain membahasnya, atau dikemudian hari di posting di Blog ini, tunggu saja tanggal mainnya, hee. Sedikit bercerita, saya sendiri secara tidak langsung dipaksa untuk menggunakan Ubuntu sekitar pertenganahn 2009, dari penggunaan Windows XP di Server kantor, dipaksa untuk memakai Ubuntu di Lokal Komputer, berbagai alasan diberikan kepada User agar tidak komplain dsb, diantaranya bahwa lisensi Software Original dari Microsoft semakin mahal, penggunaan semua User di Server semakin lambat.

Alasan diatas rupanya bisa diterima semua pihak, mau tidak mau semua User  harus belajar dari Nol untuk mengoperasikan OS2 ini, tapi tetap saja jika sudah menjadi kebiasaan di Windows XP pindah ke Ubuntu serasa tidak nyaman, kurang fleksibel dsb. Munculah pertanyaan brilian "apakah tampilan Ubuntu ini bisa dirubah menjadi seperti XP ?", bukankan ini Open Source, tentunya tidak ada larangan untuk memodifikasi berbagai konten didalamnya, termasuk dalam hal tampilan !, dengan kondisi itu tentunya banyak juga yang kreatif didunia maya sana membuat cara kearah ini.

Dengan berbekal akses internet yang pas-pasan di Laptop pribadi akhirnya searching juga di Google, setelah telusur kesana kesini dapatlah sebuah cara sederhana, ibarat peribahasa "pucuk dicinta ulam pun tiba", ternyata dalam proses ini tidak diperlukan installasi Software terlebih dahulu, hanya download file yang berukuran cukup kecil, setelah di terapkan di Komputer kantor akhirnya ini dia yang dikehendaki, sekarang tampilan Ubuntu mirip dengan tampilan Windows XP. Berikut secara lengkap saya uraikan cara-caranya :

  • Langsung saja download file XpGnome.tar.gz dari SINI
  • Ekstrak file tersebut, sehingga didapat folder bernama XpGnome.
  • Di dalam folder tersebut ada file bernama InstallXpGnome.sh, klik saja dua kali dan jika muncul kotak dialog, klik "Run" (tombol paling kanan).
  • Proses berjalan, kemungkinan akan muncul promp untuk memasukkan password sebagai root, jadi masukkan saja password user anda.
  • Akan tampil gambar seperti dibawah ini, sebagai peringatan saja bahwa jika proses terus dilanjutkan tampilan Gnome default akan berubah menjadi tampilan XP, klik OK saja karena justru itu yang kita harapkan, hee.
 
  • Selesai, tampilan kini seperti dalam screenshot di bawah ini. 
 

Sekarang, tidak ada alasan lagi untuk tidak mecoba OS2, setidaknya hambatan dari segi tampilan sudah bisa kita atasi. Yuk, mari kita bermigrasi ke OS2.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Mengubah Tampilan Ubuntu Seperti XP Dalam Satu Klik, diterbitkan oleh Unknown pada hari 28 Februari 2011. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, saran, kritik dan masukan tentang Artikel di Blog ini, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar, secepatnya Admin Kami akan menanggapi. Tolong berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, sopan dan jelas. Komentar, pesan yang berulang akan dianggap Spam, dan Kami akan menghapusnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.