Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » , » Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website

BLOG dan WEBSITE Serupa tapi tak sama itulah istilah yang bisa dikatakan antara blog dengan website. Perlu diketahui setiap blog adalah website sedangkan website belum tentu blog. Jadi pada dasarnya, blog adalah website. Yang membedakan adalah "penciptaan dan tujuan diciptakanya".

Lalu kenapa kalau blog selalu ada embel-embel blogspot.com ? 

Banyak pemula internet, hee termasuk Saya pada awalnya, mengatakan bahwa perbedaan blog dan website terletak pada URLnya. Jika blog, URLnya "ngikut" domainnya seperti ini fenuto.blogspot.com. Sedangkan Website itu domainnya mandiri seperti microsoft.com bukan microsoft.blogspot.com. Nah anggapan itulah yang menyesatkan dan salah, karena nama blogspot.com itu cuman domain gratis yang menandakan teman-teman memakai hosting gratis dari blogspot. Dan domain itu bisa dibeli/diganti. Jadi meskipun blog tetap bisa pakai embel - embel .com

Perbedaan-nya adalah sebagai berikut :  
  • Blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat tulisan dan gambar atau yang disebut posting. Yang fungsinya sangat beragam, bisa berupa catatan harian, media publikasi, penyimpanan foto dll.
  • Kapasitas penyimpanan blog hanya berupa gambar dan tulisan. Sehingga sangat cocok untuk memajang product atau hanya sekedar berbagi foto. Namun maraknya hosting gratis seperti 4shared.com dan photobucket.com membuat blog juga dapat diberi menu download. Jadi postingan kita ngelink di 4shared.com dll.
  • Website sama fungsinya, namun biasanya website jarang sekali update postingnya, karena biasanya website memuat hal yang bersifat informasi umum. Perbedaan lainnya adalah saat memasukan data. Jika blog tinggal posting, jika web harus otak - atik pakai software segala.
  • Web mempunyai hosting sendiri sehingga tidak perlu ngelink di hosting gratis.
Lalu apa istimewanya web blog dibanding web berbayar ?

Blog dalam hal ini lebih istimewa. Hal ini bisa dikarenakan blog bisa teman-teman buat secara murah, namun website mengharuskan kita untuk membeli hosting dan domain, yang cukup meguras kantong tentunya. Oleh karena itu saya sarankan bagi teman-teman yang masih mencoba memulai usaha dari awal atau hanya sekedar belajar, sebaiknya mencoba dengan blog terlebih dahulu. Bahkan orang yang sudah master dalam dunia bisnis online, masih terjun untuk memilih blog sebagai media berbisnis. 

Berikut beberapa keuntungan memakai blog dibanding website : 
  • Membuat blog lebih mudah dari pada web, karena seorang yang mampu membuat web adalah orang yang menguasai bahasa php, mysql ataupun cms.
  • Dalam pembuatan web memerlukan hosting sebagai media penyimpanan materi web kita, dan uploadnya pun cukup susah. Apabila kita membuat blog maka otomatis kita sudah membuat hosting di blog kita.
  • Blog adalah produk dari google oleh karena itu blog lebih mudah dikenal di search engine Google sendiri. Dari pada website meskipun blog yang menggunakan nama domain gratisan.
  • Untuk memosting di blog lebih mudah , dan tidak ribet dibanding kita memasukan data di web. Blog juga memungkinkan interkasi antara pemilik blog, dan pengunjung. Pengunjung juga dapat meninggalkan pesan dalam blog tersebut. Sehingga percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, salah satunya sarana membangun hubungan antar pengguna Internet.
Dari beberapa hal diatas bisa disimpulkan blog adalah media yang paling mudah, userfriendly, dan enjoyable dalam penggunaannya. Secara tampilan pun tidak terlalu berbeda dengan web. Setelah membaca uraian diatas, teman-teman pilih yang mana ?

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Perbedaan Blog dan Website, diterbitkan oleh Unknown pada hari 19 Desember 2009. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, saran, kritik dan masukan tentang Artikel di Blog ini, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar, secepatnya Admin Kami akan menanggapi. Tolong berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, sopan dan jelas. Komentar, pesan yang berulang akan dianggap Spam, dan Kami akan menghapusnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.