Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » » Kenapa Kebanyakan Baterai Smartphone Tidak Tahan Lama ?

Kenapa Kebanyakan Baterai Smartphone Tidak Tahan Lama ?

Ponsel telah berevolusi dengan cepat dari beberapa tahun lalu hingga sekarang. Ponsel canggih sekarang disebut sebagai Smartphone dan hampir menggantikan posisi dari ponsel sendiri. Namun kemampuan baterai dari ponsel masih jauh lebih baik dibandingkan dengan smartphone.

Baterai Smartphone

Ponsel lama banyak yang bertahan lebih dari satu hari setelah proses charge, namun untuk smartphone tidak sampai satu hari sudah harus di charge kembali. Perkembangan teknologi ponsel ke smartphone sangat cepat, tetapi mengapa baterai tidak mengikuti perkembangan teknologi ini ?

Berbagai upaya banyak dilakukan oleh user untuk memperpanjang masa pakai baterai pada smartphone, kebanyakan dari mereka menerapkan berbagai aplikasi yang katanya bisa menghemat baterai, lalu apakah benar demikian ? atau justru mempercepat masa pakai baterai itu sendiri ?

Mungkin beberapa alasan berikut ini bisa menjelaskan kenapa kebanyakan baterai smartphone tidak tahan lama masa pakainya.

Perkembangan Teknologi Baterai Masih Lambat

Kita tahu perkembangan teknologi sekarang jauh lebih cepat dibandingkan dahulu. Setiap tahun CPU, RAM, VGA ataupun komponen lainnya berkembang semakin cepat dan canggih. Smartphone pun juga mengikuti perkembangan itu, ia semakin hari semakin memiliki CPU, RAM, Media Penyimpanan yang cepat dan besar dan tampilan layar yang tajam. Namun kelihatannya ini tidak diikuti dengan kemampuan daya tahan baterai dikembangan secepat CPU, RAM, Media Penyimpanan dan segala fitur dari smartphone.

Bisa dibilang, baterai lambat untuk perkembangan teknologinya. Ini bisa kamu lihat dari ukuran baterai yang hampir mengambil seperempat ukuran smartphone, sementara itu komponen lainnya seperti RAM, CPU atau komponen lainnya sudah berevolusi mengecil.

Aplikasi Berjalan Secara Background

Ponsel lama mungkin tidak dapat memberitahukan pemberitahuan email, Facebook, Twitter atau update aplikasi secara realtime. Sedangkan Smartphone sekarang dapat melakukan semua itu, update aplikasi, update GPS, update cuaca atau apapun itu. Smartphone pun sebenarnya adalah sebuah komputer yang diubah ukurannya menjadi kecil, Android dengan kernel Linux, iOS dengan Darwin yang digunakan untuk OS X dan Windows Phone 8 menggunakan kernel Windows NT yang biasanya digunakan desktop.

Mungkin smartphone yang kamu gunakan mati, namun bisa saja tetap berjalan. Pada Android banyak aplikasi memperoleh hak akses yang bebas, aplikasi yang buruk bisa berjalan secara background bahkan ketika smartphone mati masih menggunakan CPU dan memori. Sedangkan iOS Apple membatasi hak akses yang diberikan terhadap aplikasi, namun pemberitahuan dan sinkronisasi dengan internet masih memakan daya baterai.

Layar Besar, CPU Cepat, Core Lebih Banyak dan Jaringan 3.5

Kemampuan dan harga dari smartphone juga telah meningkat, ini menyebabkan komponen hardware juga ditingkatkan. Seperti Samsung Galaxy S4 yang mempunyai CPU 8 core dan teknologi jaringan LTE yang jauh lebih cepat dari jaringan 3.5, ini akan membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Selain itu masih ada WiFi, Bluetoth, NFC, GPS dan lainnya yang juga membutuhkan daya baterai.

Itulah beberapa alasan yang dapatkan menjelaskan kenapa kebanyakan smartphone tidak mempunyai daya baterai yang tahan lama. Kalau kamu mempunyai pendapat lain, kamu bisa mengutarakannya di kolom komentar di bawah ini.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Kenapa Kebanyakan Baterai Smartphone Tidak Tahan Lama ?, diterbitkan oleh Unknown pada hari 23 April 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

4 komentar: