Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Home » » Mengubah Nama CD-Drive

Mengubah Nama CD-Drive

Seorang teman bercerita, komputer Saya dilengkapi beberapa drive optic, ketika Saya mau proses data, mungkin yang Dia maksud copy atau organisasi data melalui Windows Explorer. Dia mengalami kesulitan, dikarenakan Windows Explorer menampilkan beberapa “CD Drive” atau “DVD Drive”, jumlahnya sesuai dengan jumlah drive yang terpasang pada komputer.

Bagaimana jika “drive” yang ditampilkan Windows Explorer tidak sesuai dengan yang terpasang ? Jawabannya pasti ada masalah kalau tidak di drive berarti di Windows.

Ok, Kita kembali ke topik posting, kenapa teman Saya itu mengalami kesulitan ? Padahal yang ditampilkan sudah sama dengan yang terpasang. Kesulitannya adalah membedakan antara drive optic, karena semua label/nama drive optic itu sama, yah “CD Drive” atau “DVD Drive” itu tadi. Mungkin yang Saya tangkap drive tersebut hanya bertuliskan C: atau E: atau F: dst saja, tidak bisa membedakan dimana data tersimpan atau dengan kata lain tidak ada keterangan system ataukah data, terus adakah solusinya ?

Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun cara yang paling gampang yaitu dengan mengubah label nama CD Drive tadi agar lebih mudah pengenalan. Tapi, perubahan nama drive optic tidak dapat dilakukan melalui Windows Explorer. Perubahan dilakukan lewat Registry Editor, bagaimana caranya ? Beginilah caranya :
  • Buka Registry Editor. Masih ingatkah caranya ? Klik [Start] > [Run] lalu ketik “regedit” pada kotak teks Run, kemudian tekan [Enter].

  • Setelah itu masuk ke subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Explorer\DriveIcons.

  • Buat subkey baru dengan mengklik kanan mouse, pilih [New] > [Key]. Kemudian, ketik drive yang labelnya akan diubah. Misalnya, Jika drive optic pertama adalah F, maka ketik “F”.

  • Pilih subkey F tersebut, kemudian buat subkey lagi didalamnya dengan nama “DefaultLabel”.

  • Klik [DefaultLabel], klik dua kali pada [(Default)]. Beri nama drive apa saja. Misalkan “Samsung Disk-1”.

  • Setelah itu restart Windows lalu buka Windows Explorer untuk melihat perubahannya.

  • Selesai, bagaimana terlihatkah perbedaannya.

Kabar baiknya setelah solusi tersebut dikerjakan akhirnya teman Saya itu bisa tersenyum lebar, pokoknya senang banget deh, maklum Dia pengelola Rental dengan beberapa komputer client dan 1 server, data di server inilah yang sedang di olah.

Ok, teman-teman yang lain rupanya kata-kata juga yang tidak mengijinkan. Saya sudah kehabisan kata-kata, kalau waktu sih bisa dibilang sedang sedikit luang dibandingkan hari-hari biasanya.

Selamat mencoba, jika ada keterangan atau kata-kata yang salah mohon koreksinya, maklum saja Saya juga masih seorang pemula khususnya di blog ini.

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Ferry Nurdianto

Artikel Mengubah Nama CD-Drive, diterbitkan oleh Unknown pada hari 30 Mei 2008. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, saran, kritik dan masukan tentang Artikel di Blog ini, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar, secepatnya Admin Kami akan menanggapi. Tolong berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, sopan dan jelas. Komentar, pesan yang berulang akan dianggap Spam, dan Kami akan menghapusnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.